Menghadapi Kehidupan dengan Sabar

sabarDalam hidup ini banyak ikhtiar yang kita lakukan tetapi nyatanya terkandang tidak menghasilkan apa yang diharapkan, namun kita juga meyakini satu hal bahwa tidak ada satu kesulitan pun kecuali pasti ada jalan keluarnya. Allah berfirman, “Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS Asy  Syarh : 6). Jelas sudah bahwa sebagai orang beriman kita harus senantiasa bersabar dalam meniti jalan kehidupan ini, sebagaimana petuah nabi Muhammad saw, “Ketahuilah, bahwasanya kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan dan sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.”
Dan segala urusan dunia maupun akhirat, apa yang kita harapkan di dunia yaitu berupa kebahagiaan, ketentraman, kelapangan harta, keturunan dan lain sebagainya, akan kita dapatkan. Tidak mudah memang, semua itu sampai kenikmatan akhirat hanya akan dimiliki oleh orang – orang yang senantiasa sabar.

Saat ini mungkin kita sedang di uji, bukan sampai dimana batas kesabaran kita karena sabar tidak memiliki batas, tetapi kita lah yang membuat batasan itu. Ujian kesabaran, seharusnya kita jadikan sebagai refleksi diri, merenungi dosa – dosa kita, berkaca pada segala upaya yang telah kita lakukan dalam memperoleh kehidupan yang kita idam – idamkan, sudahkah kita memperbaiki diri ? seberapa taat kita pada Allah SWT ? mejauhi segala laranganNya dan menjalankan semua perintahNya ? serta sudahkan kita mengikuti dan menjalankan sunah dalam segala aspek kehidupan yang belia saw ajarkan kepada kita semua ? biarlah hati yang bicara untuk memberikan jawaban itu semua. Dan ada baiknya kita tidak hanya rutin general cek up kesehatan kita saja tetapi juga kroscek lah aqidah, akhlak,  ibadah, dan muamalah kita ? sudahkah benar – benar sehat ?

Mulailah saat ini juga untuk menyadarkan diri kita menanamkan keyakinan yang kokoh pada kehidupan ini sebagaimana janjiNya bahwa, “… barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (QS Ath Thalaq: 4). Tidak ada yang perlu kita takutkan dalam kehidupan ini karena semuanya adalah ujian. Tentu orang yang beriman lebih paham bagaimana sabar dalam menghadapi setiap kesulitan dan hanya orang yang beriman dan bertaqwa pula lah yang dapat merasakan manisnya buah dari kesabaran itu.

Mari lebih bersungguh-sungguh untuk menegakkan ibadah kepada Allah dan senantiasa mengikuti sunah nabiNya, sehingga tidak perlu ada hal lain yang kita takutkan dalam kehidupan ini karena dengan begitu akan terciptalah kebaikan dalam diri kita, dalam kehidupan kita. Wallahu a’lam bishowwab.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s