Kabar Berita

“Hai orang-orang yang beriman!  jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, Maka periksalah dengan teliti agar kamu tidak menimpakan suatu musibah kepada suatu kaum tanpa mengetahui keadaannya yang menyebabkan kamu menyesal atas perbuatanmu itu.” (QS. Surat ke 49 : 6)

Sesungguhnya Allah Maha mendengar lagi Maha mengetahui, bahwasanya manusia hendaknya lah tidak mendahulukan prasangkanya sebelum telah jelas dan dapat membedakan mana yang hak dan bathil terlebih dahulu, jangan mudah termakan informasi dengan mudahnya terlebih di zaman sekarang ini dimana berbagai macam berita sangat mudah kita dapatkan. Untuk itu hendaklah kita menggunakan akal dan banyak berfikir sebelum melakukan tindakan – tindakan yang mungkin akan kita sesali dikemudian hari dikarenakan apa yang diperbuat tanpa pemikiran matang malah akan berdampak negative bagi diri ataupun orang lain, akibat dengan mudahnya kita mempercayai suatu hal yang baru kita dapatkan.

3a49f7b71b1eb81d538ab6c5d0a3c4a4 (1)

Terlebih lagi dalam ayat ini telah ditegaskan ‘jika datang kepadamu orang fasik membawa suatu berita, maka periksalah dengan teliti’  supaya kita lebih memprihatikan dan meneliti setiap berita yang datang menghampir kita bukan asal menerima dan menelannya mentah – mentah, terlebih lagi dari seseorang yang diragukan dalam ucapan dikarenakan tidak selaras dengan tindakannya, seharusnya dengan akal yang telah Allah anugrah kan kepada kita sebagai salah satu nikmat tak terhingga kita wajib menelaah setiap hal sehingga kita tidak terjebak dalam propaganda negative.

Kita harus mampu secara baik menuntun pikiran kita pada pokok pikiran yang tidak menjerumuskan atau pemikiran yang tidak sesuai ajaran islam. Jika dihubungkan dengan keadaan umat pada masa sekarang ini dimana umat islam sangat mudah dipropokasi atau adu domba antar induvidu yang satu dengan yang lain atau kolompok yang satu dengan kelompok yang lain itu adalah akibat dari terganggunya pikiran kita atau akal kita yang tengah sakit yang cendrung mengikuti aliran air tanpa membendung sampah – sampah yang ikut terseret dalam aliran air itu tidak menyaring atau pilah – pilah mana yang telah jelas ketetapnnya.

Akankah kita selalu mengikuti hawa nafsu kita ? sehingga menerumuskan kita pada kesesatan ? mulailah menjadi pribadi yang tidak mudah terhasut oleh berita – berita yang belum tentu benar adanya. Tidak mudah membagikan tautan atau share berita, gambar atau pun artikel yang terkesan bombastis tapi kita sendiri belum mengetahuinya secara pasti, bukankah itu sama saja menarik orang lain pada kesesatan juga ? ada baiknya teliti, melihat darimana sumber berita itu dan dapat pula menggali lebih dalam informasi tersebut. Ingatlah peringatan Allah yang termaktub dalam kitabnya (QS. Al – Hujurat : 6). Semoga kita menjadi pribadi yang selalu berbaik sangka karena sesungguhnya sebagian dari prasangka itu dosa. Wassalam.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s