Puncak Kebahagiaan Tertinggi

83968e09adbb7d8f114f6777772173bfAdakah manusia yang bahagia selamanya ? jika jawabannya ‘ya’ siapakah ia ? yang kaya hartanya kah ? yang indah rupanya kah ?  atau yang dengan mudah mendapatkan apa yang ia inginkan ?.  Banyak diantara kita yang berfikir bahwa puncak dari keberhasilan hidup adalah Happyness (kebahagiaan), tapi tahukah kita ? bahwa dalam islam bila kita ingin sampai pada puncak kemuliaan hidup itu tidak sampai pada Happyness atau kebahagiaan hidup saja tetapi Ar- ridho, mencapai ridhonya Allah SWT. Itulah mengapa sesungguhnya bahwa kebahagian itu bisa hilang, tidak mungkin orang yang bahagia seterusnya ? tidak mungkin!. Jadi kalau happyness menjadi tujuan hidup kita, maksimal kebahagiaan yang akan kita peroleh hanya 50% sebab tidak bisa kita bahagia selamanya.

 

Kita akan bahagia apabila apa yang kita inginkan tercapai tapi puncak kebahagaiaan adalah ketika apa yang kita peroleh melebihi dari apa yang kita inginkan, dan yang bisa memberikan itu hanya Allah Azza Wa Jalla. Lantas siapa yang bisa mendapatkan kebahagiaan tertinggi? jawabanya adalah orang – orang yang mencari ridho Allah, bukan manusia yang hidup dengan keinginannya sendiri atau suka – suka gue, hidup – hidup gue tapi seharusnya SUKA – SUKA ALLAH karena hidup dan mati kita hanyalah untuk Allah semata.

Dan jika kita ingin memperoleh kebahagiaan yang tertinggi lagi, menurut gambaran islam yaitu adalah orang – orang yang ;

  1. Dengan ilmunya, ia semakin tawadhu dihadapan orang lain
  2. Dengan hartanya, ia semakin dermawan dan lebih sering silaturahim, kenapa silaturahim ? karena penyakit orang berharta adalah terlalu sibuk dengan kegiatannya.
  3. Jika ia populer ia semakin memasyarakat, semakin dekat dengan orang banyak,

Yang paling penting pada puncak kebahagiaan tertinggi adalah takut dengan amalnya sendiri, takut ria, semakin tinggi ibadahnya, semakin banyak amalnya dia semakin takut amalnya tidak diterima/ takut ditolak ibadahnya, sehingga dia samakin memperbaiki amalnya, inilah kondisi orang dengan puncak kebahagiaan tertinggi dalam islam.

inspirational video : Penyucian jiwa (Tazkiyatun Nafs) by; Ustad Bactiar Natsir

http://www.youtube.com/watch?v=H2lD2aP1ti8

*Renungan saat jam istirahat kantor.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s