Kecewa, setengah dari cinta

7b05c16c430f831e9c93c3d55ea27a21Bagaimana bila kita kecewa ? marah kah ? atau bersikap acuh tak acuh ? setiap kita mempunyai sikap yang berbeda. Lantas, bagaimana seharusnya agar kecewa tak berujung pada sebuah kesalahan ? ya, karena sering diantara kita yang kesulitan mengendalikan diri disaat kecewa tiada tara. Oleh karena, mari mengingat kembali kisah Dzun nun?!, nabi Yunus A.S. dimana ketika ia dikurung Allah SWT dalam ikan paus atas kesalahannya (sebagaimana yang tertulis dalam Al-Qur’an), kisah menarik ini tentang seseorang yang kecewa dan bagaimana akhirnya. Nabi Yusnus A.S, Ia kecewa pada kaum yang tidak mengikuti seruan. Lalu dengan rasa marah, rasa teramat kecewa, ia pergi meninggalkan kaumnya yang membangkang tanpa seizin Allah SWT.

 

Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), ketika ia pergi dalam keadaan marah, lalu ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap, ‘Tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Engkau. Maha Suci Engkau, sesungguhnya aku adalah termasuk orang-orang yang zalim.” (QS Al-Anbiya’ [21]: 87)

 

Merasa kecewa itu wajar dan biasa. Semua orang pernah mengalaminya, tanpa terkecuali nabi Allah. Menariknya, dalam rasa kekecewaan yang dialami seseorang, akan ditemukan cinta disana. Bagaimana bisa ? karena kecewa itu hadir dengan harapan cinta yang tidak terpenuhi  atau pupus ditengah jalan. Oleh karena kecewa itu hadir dikarena cinta, maka dikala kita tengah merasakan rasa kecewa pula, selesaikan kecewa itu dengan cinta juga, bukan dengan marah, ngambek, acuh tak acuh, sebel bahkan menjauhi objek yang mengecewakan kita.

Belajar menjadi bijak dalam menyelesaikan segala sesuatu termasuk rasa kecewa, jangan sampai membuat kita menjadi pribadi yang zalim, jikalau tidak mampu menutupi rasa kecewa utarakan apa yang belum tersampaikan lalu kembali berkaca pada diri sendiri karena hakikatnya kecewa pula adalah harapan kita yang mungkin saja berlebihan terhadap sesuatu ?

*Renungan ditengah jam istirahat kantor

jam : 12.15 – 1245

Iklan

Satu pemikiran pada “Kecewa, setengah dari cinta

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s