Korban Media

Media profokasiAktivitas kita saat ini dalam kehidupan sehari – hari tidak lepas dari peran serta media massa. Bangun tidur sampai tidur lagi liat facebook, menghabiskan waktu menunggu juga terkadang di facebook berinteraksi antar teman (comment atau share) atau baca – baca berita sensasi, jangankan saat kita tengah sibuk dengan segala aktivitas, saat kita mengeluh dan mengadu akan hal itu pun menumpahkannya di media sosial facebook, path atau twitter. Ya, hampir sebagaian besar dari kita tak bisa lepas dari media massa; berkomunikasi (chatting), menjual dan membeli barang, mencari bahan informasi tulisan untuk makalah (terkadang copy-paste), mencari hiburan dan bahkan mencari jodoh pun melalui media massa. Program komunikasi media massa seperti surat kabar, radio, televisi, internet dan sebagainya telah menjadikan kita tidak terlepas dari terpaan media massa.

 

Di media massa seperti facebook contohnya, akan dengan mudah kita temui berbagai berita terkini tentang banyak hal di beranda facebook, iklan layanan facebook dan aplikasi lainnya (cukup sekali klik!); politik intrik, kehebohan selebritis, berita dalam dan luar negeri, berita dari prestasi sampai sensasi, berita alam nyata dan berita dari alam ghaib (berita seputar paranormal dan dunia ghaib) semuanya dapat dengan mudah kita akses!. Dengan segala kemudahan ini jangan sampai membuat kita terlena, memakan segala bentuk informasi yang tersedia dengan mentah – mentah sehingga acapkali langsung membuat kita mengambil kesimpulan utuh yang ternyata belum tentu benar adanya (termakan media). Walau hanya sekedar share atau membagikan tautan, ada diantara kita yang hanya terpaku pada judul berita tanpa mau repot – repot memastikannya berita tersebut. Seharusnya kita dapat membuat sebuah daftar media massa atau sumber berita dari blog/web yang memang dapat dipercaya (memang sangat merepotkan) tapi bukan berarti tidak bisa, masalahnya mau atau tidak ?! Peduli atau tidak ? tentu bukan hanya demi kepentingan diri sendiri tapi juga orang lain dalam memperoleh sebuah berita yang tidak hanya bualan dan profokasi media.

Banyak media massa online (khususnya), saat ini yang hanya mencari sensasi lewat judul berita yang sensasional dan provokatif , dalam dunia jurnalisme tentu hal ini sah – sah saja asalkan mencerminkan isi berita, tapi nyatanya ? (tidak semuanya, KEBANYAKAN) mencari keuntungan semata. Bahasa yang digunakan media luar BINASA, hal ini jelas melenceng dari peran media. Apa saja peran media ? diantaranya ; media massa menjalankan fungsi pengawasan peringatan, jika menginformasikan tentang ancaman yang disebabkan oleh beberapa hal, misalnya bencana alam, krisis ekonomi, dll. Informasi yang disampaikan pun harus memiliki kegunaan atau dapat membantu khalayak dalam kehidupan sehari-hari. Sampai dengan fungsi media sebagai hiburan (ah, ini mah sudah tidak diragukan bahkan lebay). Dan saat ini media massa oleh sebagian besar pemangku kekuasaan telah disalahgunakan sehingga peran media kian melenceng dari jalurnya, kebanyakan dibumbui dengan amarah dan profokator satu dan lainnya. Dengan mudah media membuat teman jadi lawan, contohnya bila seorang negarawan yang seharusnya bisa saling menopang justru dibuat saling berlawanan dan menyerang. Contoh judul berita; (Presiden A menghajar habis – habisan Presiden B yang baru / Tamparan Presiden A untuk Presiden B ) isi berita ini terkait tweet mantan presiden A yang dianggap sebagaian orang (atau memang benar adanya) menyinggung Presiden B.

Judul media cukuplah singkat, lugas (tidak berbelit-belit dan tidak mendua makna) akan tetapi lagi – lagi isi beritanya “mencengangkan” atau “mengesankan”. eeh, kebanyakan isi-nya biasa-biasa saja, headline atau judul berita yang baik itu transparan dan efisien, bukan “menyembunyikan” substansi berita demi mengejar trafik. Seenak perutnya menulis berita, entahlah apa masih ada yang namanya kode etik (pers) . Jika kita tidak ingin dicekokin media dengan segala informasinya sehingga menjadi ‘korban’ so, pintar – pintar lah kita memperoleh berita dan mencari pada sumber yang jelas.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s