Nikmati saja dulu masalahnya

0b687b39a9b46c9a306e2fb952423885 Belakangan hari ini apa Anda merasa hidup serasa penuh masalah ? bahkan sepertinya masalah telah menjadi bayang – bayang Anda, kemana pun Anda melangkah masalah selalu setia mengiringi langkah Anda. Tapi seperti yang saya selalu bilang bahwa setiap orang selalu punya masalah dan orang – orang yang hidupnya penuh dengan masalah adalah orang – orang yang beruntung! Kenapa beruntung ? karena saya tidak bisa membanyangkan apa jadinya ‘kita’ dalam hidup ini bila tanpa masalah, saya tidak yakin, sangat – sangat tidak yakin bahwa hidup kita akan bahagia, mungkin bahagia pada awalnya, namun setelahnya makna kebahagian akan hilang karena bahagia hanya akan menjadi hal biasa tanpa makna seperti kebiasaan yang selalu kita lakukan, seperti rutinitas yang akan menjadi membosankan suatu saat nanti.

Terkadang setiap persoalan yang kita hadapi mengajarkan kita akan satu atau berbagai hal seperti ketika masalah menuntut kita untuk memilih mana yang kita inginkan atau mana yang terbaik, walau bagaimanapun kita harus memilihnya, maka sebelum memilih itu kita diharuskan jujur pada keinginan kita dan menjadi diri sendiri, hal itu akan menjadi kan kita nantinya setelah keputusan dibulatkan menjadi damai pada rasa bersalah bila pilihan yang kita ambil nantinya tidak sesuai dengan harapan. Jujur pada keinginan dan menjadi diri sendiri itu berbeda. Keinginan acapkali membuat kita menjadi pribadi egois sedangkan menjadi diri sendiri artinya kita percaya bahwa selalu ada kebaikan yang sempurna dalam diri kita yang bukan hanya mementingkan kebahagiaan sendiri.

Menjadi diri sendiri terkadang sangat sulit bagi sebagian orang, karena terlalu banyak hal yang mempengaruhi dirinya entah itu factor dari luar seperti kehidupan kita yang dikelilingi banyak kepentingan dan factor dari dalam yang acap kali kecewa bila terkadang harapan tak sesuai dengan kenyataan. Menjadi sulit diartikan akan menjadi mudah bila kita berusaha. Akantetapi bila menjadi diri sendiri artinya bebas mengekspresikan diri sendiri tapi disisi lain ada yang terluka dengan sikap atau sifat kita maka saya pikir itu agak keliru, karena menjadi diri sendiri bukan berarti kita egois. Ingat bedakan dengan keinginan pribadi. Memang terlalu banyak hal yang haus kita pikirkan dalam kehidupan ini. Setiap hal tanpa terkecuali terkadang menjadi beban tersendiri. Tapi begitulah hidup berjalan. Maka dari itu nikmati saja setiap prosesnya, tanpa kita sadari masalah adalah salah satu sumber kebahagiaan tersendiri yang terlalu sering kita tuduh sebagai biang kerok kehidupan kita, coba lah lebih memahami itu agar kita masih bisa tersenyum saat menghadapinya.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s