Mau kulit putih bersinar ?

321f7096b9f6ea4694353c1f83ba6c38Ping!!!

“Ada Apa ?” tanyaku dalam pesan singkat Blackbarry Masseger

“Biar memperkecil pori – pori gimana yah ?” tanya seorang teman, aku tidak tahu pasti kenapa tiba – tiba dia menanyakan hal itu padaku. Tapi aku tetap menjawabnya,

            “Coba pake masker putih telur.”

            “Biar putih pake apa ?” dia tanya lagi, sebenarnya aku cukup risih dengan pertanyaan seperti itu, pasalnya aku tahu ‘dia’ sudah putih kok, jadi putih seperti apa yang dia maksud, aku agak kurang paham.

            “Bisa dirajinin saat cuci muka bilas terakhir dengan air susu. Mungkin”

Dan tidak berhenti sampai disitu saja pertanyaannya seputar kecantikan yang dia tanyakan padaku, tentunya aku berusaha menjawab sejauh apa yang aku tahu dan pahami (yang alami dan murah perawatannya seperti yang telah disebutkan diatas dengan menggunakan putih telur, susu, dll). Dari perbincangan seputar kecantikan dengannya mulai dari kecantikan yang dia pahami dan kecantikan saat ini yang telah menjadi keharusan begitu pula pada muslimah bahwa kecantikan secara fisik itu sudah menjadi keharusan diluar dari yang terpenting adalah cantik , terlebih lagi semakin menjamurnya salon muslimah (khusus wanita), tren hijabers, kosmetik ‘halal’ yang menjanjikan wajah putih bersinar bak pualam, dll. Muslimah dituntut untuk modis, kebanyakan karena tak tahan dengan godaan yang ditawarkan iklan ataupun terseret dogma cantik yang telah diciptakan pihak – pihak yang mencoba mengambil keuntungan. Miris sekali bila cantik diidentikan dengan putih, dan bagi siapa saja yang ingin cantik haruslah putih ? seperti salah satu iklan yang terpajang di salah satu situs islam dengan tag line “Mau kulit putih bersinar ?”.

Cantik itu bukan keharusan bila tidak diimbangi dengan kepribadiaan yang menawan. Bila dikatakan cantik itu harus putih, silogisme-nya jika tidak putih tidak cantik. Sedangkan kebanyakan wanita Indonesia berkulit sawo matang atau kuning lansat. Menurut aku pribadi kecantikan itu percaya diri, jadi kalau ada wanita/ muslimah yang kulitnya sawo matang terus memaksakan diri supaya putih dengan menggunakan pelbagai cara semisal; penggunaan kosmetik, dia itu gak cantik. Mungkin awalnya terlihat cantik tapi hanya sebatas yang dilihat mata.

Apakah mencoba untuk tampil cantik itu salah ? tentu tidak! setiap wanita mempunyai hak yang sama untuk tampil cantik, akan tetapi sebagai muslimah yang berusaha cantik, yang pertama kali harus dilakukan adalah Taat Pada Allah SWT dan Rasulullah saw. Ibnul Qayyim Rahimahullah berkata, “Di antara pengaruh dosa dan kemaksiatan, adanya kegelapan yang didapatkan seorang hamba yang berbuat maksiat di dalah hatinya, dia merasakan seperti merasakan kegelapan malam yang pekat. Sesungguhnya ketaatan adalah cahaya dan kemaksiatan adalah kegelapan. Kegelapan tersebut semakin bertambah sehingga tampak di kelopak mata, semakin menguat, sehingga tampak di wajah, lalu menghitam wajahnya, sehingga setiap orang dapat melihatnya” maka wajiblah bagi muslimah untuk selalu taat kepada Allah, yang akan menambah kecantikan dan yang lebih utama menambah keagungan, cantik yang bukan hanya di mata manusia tapi juga di mata Peciptamu yang begitu indah menciptakanmu.

Berhias adalah keharusan bagi muslimah namun terlebih dahulu yang harus diluruskan adalah berhias untuk apa ? cantik untuk siapa ? karena didalam islam wanita pesolek dibagi menjadi tiga; yang pertama adalah wanita yang bersolek untuk suaminya, yang kedua wanita yang berhias untuk sesama wanita dan mahram, yang ketiga wanita yang bersolek untuk semua orang.

Seseorang wanita yang berhias dengan sesuatu yang yang dihalalkan untuk sang suami, diperbolehkan bahkan sangat dianjurkan, hal inilah yang harus dipertahankan oleh setiap wanita yang sadar dan memfokuskan perhatian kepada suaminya, apalagi pada saat yang tepat.

Adapun seorang wanita yang berhias untuk sesama wanita dan mahramnya diperbolehkan. Namun yang perlu menjadi catataan penting adalah tidak berlebihan dengan batasan – batasan yang wajar agar tidak menimbulkan pengaruf negative seperti; menimbulkan fitnah, menimbulkan iri hati, menjerumuskan sesama kaum wanita dalam persaingan (saling berlomba menjadi paling cantik).

Ketika berhias yang harus dilakukan adalah berhias dengan yang dihalalkan diantaranya dengan menggunakan pakaian yang baik dan bagus (tidak perlu mahal atau baru), merawat rambut, menata dan menghiasnya dengan tidak melanggar hal – hal yang dilarang seperti smooting, penggunaan tato pada bagian tubuh tertentu, mencukur alis dan masih banyak lagi.

Penggunaan produk kecantikan secara berlebihan ataupun terus menerus juga dapat menimbulkan efek samping lain dalam jangka pendek maupun jangka panjang (ketergantungan), terlebih lagi kosmetik yang tidak disertai dengan lebel BPOM serta ke-halal-annya, kita musti hati – hati dengan semakin maraknya kosmetik oplosan yang sangat mudah ditemui diamana – mana. Akan jauh lebih baik bila kita menggunakan bahan alami untuk mempercantik diri sesuai dengan problem masing – masing seperti bila pori – pori besar bukan malah ditutupi dengan penggunaan foundation tapi kita bisa menggunakan bahan putih telur untuk mengatasinya, banyak kok tips – tips kecantikan yang bisa dengan mundah kita dapatkan diinternet ataupun majalah wanita lainnya.

Rasulullah Saw. bersabda : Dunia ini adalah perhiasan, dan sebaik-baik perhiasan adalah wanita shalihah. (HR. Muslim).

Iklan

2 pemikiran pada “Mau kulit putih bersinar ?

  1. Penggunaan foundation atau make up boleh saja kok :). Tapi balik lagi, secantik apapun kalau kelakuannya tidak, ya sama saja.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s