Menghadapi ‘Masalah’

tumblr_lqutr3k7az1r02o8fo1_5001Setiap kita yang hidup tak pernah luput dari yang namanya masalah, adakah dari kita yang hidupnya lurus – lurus saja ? tanpa kendala ? hidup dengan pikiran lepas tanpa beban ? Ya, mungkin untuk sesekali waktu, tapi tidak tak seorang pun yang hidup tanpa mempunyai masalah dalam kehidupannya. Dan bagi siapa saja yang saat ini tengah dalam masalah, apapun itu yang menjadi beban pikiran, gajalan dalam hati, sesuatu yang sulit diselesaikan atau bahkan masalah yang bersumber bukan dari diri kita. ‘Anda’ bukan seorang diri yang hidupnya penuh masalah.

Terkadang karena masalah yang terus saja membayangi pikiran dan hati kita, kita malah terpaku pada orang lain dengan berpandangan bahwa orang yang kita lihat seolah hidup tanpa masalah, bahagia – bahagia saja. Padahal siapa tahu ? orang yang terlihat hidupnya tanpa masalah, ternyata masalahnya lebih besar dari masalah yang kita hadapi. Jangan membebani diri kita oleh kehidupan orang lain, tentang bahagia atau tidaknya orang lain yang tidak ada hubungannya dengan kehidupan kita.

Masalah yang tak kunjung selesai terus mendera, padahal kita bukan berdiam diri saja membiarkan masalah itu terus berlarut – larut, mungkin kita terlalu terpaku pada ‘jawaban’ mencari cara menyelesaikan masalah, mencari jalan keluar, solusi konkrit atau apapun yang ‘harus’ bisa membuat masalah ini selesai. Padahal sesungguhnya yang sering luput dari diri kita adalah bagaimana menghadapi masalah itu, oleh karena itu banyak orang yang pada akhirnya lari dari masalah karena merasa masalahnya tak kunjung selesai, masalahnya bertumpuk atau masalah yang satu selesai muncul masalah baru yang tak kalah menjadi beban pikiran.

Kepada siapapun yang merasa kehidupannya penuh dengan masalah, sebelum menghadapi masalah dalam hidupnya, hadapilah Allah sebagai penguasa setiap makhluk yang hidup, karena kehidupan ini sesungguhnya adalah milik-Nya. “Barangsiapa bertakwa kepada Allah niscaya Dia akan Mengadakan baginya jalan keluar dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. dan Barangsiapa yang bertawakkal kepada Allah niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)Nya. Sesungguhnya Allah telah Mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu.“

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s