Bersama kesulitan ada kemudahan

kebahagiaanKebahagiaan adalah dambaan setiap orang tanpa kecuali, ada sebagian orang yang mencari kebahagiaan dengan tidak sedikit usaha yang dilakukan, tetapi nyatanya tidak menghasilkan apa yang diharapkan, dan sebagian lainnya cukup dengan mudah merasa bahagia bahkan hanya dengan tersenyum. Definisi kebahagiaan sangat mungkin berbeda karena setiap orang mempunyai masa – masa sulit (masalah) dalam kehidupan yang berbeda pula dan kebahagiaan menjadi bagian yang selalu diyakini akan hadir pada saat masalah itu terselesaikan. Yang harus kita yakini adalah bahwa tidak ada satu kesulitan pun kecuali pasti ada jalan keluarnya. Allah berfirman, “Sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS Asy Syarhu / Alam Nasyrah: 6)

            Allah juga berfirman, “Dan barangsiapa yang bertaqwa kepada Allah niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya.” (QS Ath Thalaq: 4).

Nabi Shalallahu ‘alaihi wassalam juga bersabda dalam hadits Ibnu Abbas, “Ketahuilah, bahwasanya kemenangan bersama kesabaran, kelapangan bersama kesempitan dan sesungguhnya bersama kesulitan ada kemudahan.”

 

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s