Air Mata ini, Syria

images

Tidak banyak yang bisa aku berikan untuk saudara – saudaraku di Syria, rasanya malu bila hanya doa yang bisa aku panjatkan kepada Allah Azza wa jalla untuk keselamatan dan kekuatan  mereka agar bertahan dalam situasi yang sangat sulit! tentang sebuah kematian, sedangkan hampir setiap hari aku melihat penderitaan mereka walaupun hanya dari sebuah foto ataupun artikel yang sungguh membuat aku semakin merasa bersalah jika hanya bisa diam tanpa satu pun kata yang aku mampu ucapkan kecuali air

imageseryeyerymata yang rasanya tak dapat berhenti jika pikiran ini dipenuhi bayangan penderitaan mereka, anak – anak, orang tua dan wanita – wanita. Hatiku hancur merasakan penderitaan mereka yang sungguh luar biasa. Menulis ini pun aku iringi dengan air mata dan doa untuk mereka,, saudaraku…..

Perasaan itu, bukanlah tumbuh dari sebuah perkenalan bahwa aku kenal mereka ataupun sebaliknya secara person to person. Yang aku tahu dari sebuah perkenalan tentang mereka adalah penderitaan. Sampai kering pun air mata ini tak mampu rasanya merasakan penderitaan mereka dalam kondisi ‘peperangan’ yang terus berlangsung hingga detik ini. Aku tidak pernah paham akan sebuah peperangan kecuali 2 hal, korban dan perjuangan, korban dari peperangan dan perjuangan demi kemanusiaan. Peperangan yang hanya menyisakan luka dan penderitaan. Perjuangan yang akan terus berkobar demi keadilan. Aku sudah tidak memikirkan lagi kenapa mereka tega berbuat demikian, membunuh, menghancurkan, aku merasa tak berdaya. Aku mengatakan pada diriku “Kenapa aku tidak menjadi dokter atau perawat saja untuk membantu merawat mereka yang terluka, kenapa aku tidak menjadi seorang prajurit perang saja untuk melindungi meraka atau kenapa aku tidak menjadi orang terkaya di dunia ini untuk menghentikan peperangan ini… tapi aku…… tapi aku….. hanyalah….

ryderyeyey

Yang paling aku sedihi dari diriku saat ini hanyalah ‘aku hanya bisa menangis’ untuk mereka, Ya Allah “Doa adalah senjata!”

Mereka amat dekat denganku, senyum mereka hilang! Air mata ini mencarinya? Mereka anak – anak yang baru saja jadi yatim atau piatu atau kehilangan keduanya, aku hanya menemukan sebuah kesedihan tak berujung. Mereka wanita  – wanita yang diperlakukan semena- mena, mereka hanyalah orang tua yang lemah termakan usia. Namun harapan meraka tak pernah kulihat padam untuk tetap menjalani kehidupan dengan keikhlasan dan penuh tawakal. Anak – anak selalu dapat membuatku bahagia, dan aku kembali bertanya pada diriku “Kebahagiaan apa yang dapat aku berikan untuk mereka?”

doa_untuk_suriah_aka_pray_for_suriah

Tinggalkan Komentar

