Dimohon Waspada! terhadap perusahaan yang menawarkan lowongan.

Mencari pekerjaan terlebih lagi di kota – kota besar bukanlah hal yang mudah, bersaing dengan 7,17 juta orang yang sama – sama mencari kerja. ‘never give up’, terus berikhtiar dan berdoa adalah kewajiban!. Bukankah rezeki setiap manusia tidak akan pernah tertukar?!, Dan dalam sebuah ‘perjuangan’ jalan yang dilalui tidaklah akan selalu mulus.

hati-hati-penipuanBanyak orang berkata bahwa sulitnya kerja salah satunya adalah tidak adanya orang dalam. Orang dalam yang bagaimana? Misalnya saudara, teman atau bahkan orang tua, hal ini disebut ‘nepotisme’. Menurut Wikipwdia Nepotisme berarti lebih memilih saudara atau teman akrab berdasarkan hubungannya bukan berdasarkan kemampuannya. Kata ini biasanya digunakan dalam konteks derogatori. Akan tetapi menjadi tidak seburuk yang dipikirkan bila ternyata memang sesuai dengan kemampuan yang dimiliki, merekomendasikan kemampuan calon pelamar,  bukan semata karena adanya bantuan dari orang lain. Terlepas dari itu,, kemampuan atau keahlian memang menjadi modal utama untuk dapat memperoleh pekerjaan yang diimpikan terlebih disaat ini, dimana persaingan sangat sengit untuk  mendapatkan posisi yang diinginkan.

Mencari pekerjaan pada saat ini juga lebih mudah dengan memanfaatkan media internet, akan tetapi bukan tanpa resiko, bahkan hal ini sering kali menjadi peluang bagi pihak lain sebagai bentuk penipuan. Modusnya tentu sebuah perusahaan yang tengah membutuhkan karyawan dengan beberapa keriteria bahkan ada yang sampai memaparkan salary serta fasilitas yang akan didapatkan. Untuk sebagaian orang yang sangat mengharapkan pekerjaan tersebut tanpa ragu akan langsung melamar.

Bentuk penipuan akan terjadi ketika dengan waktu yang terbilang singkat 1-2 hari, lamaran yang dikirim mendapatkan respon bahkan bisa saat malam harinya ketika CV baru dikirim siang/ sore hari. Lebih sering panggilan interview diinformasikan kepada calon pelamar dalam bentuk sms, berikut contoh pesannya;

`”konfirmasi Panggilan

INTERVIEW Kerja Dari:

……

Untuk Posisi Staff Administrasi …..

Penghasian :

-Min. 2,3-4 jt/Bln

-U. Mkn+Transportasi 35-40rb/hr

Nego Disaat INTERVIEW (Sesuai Posisi & Pengalam)

-Status Karyawan Tetap, Non Sales/Yayasan

Saya Ibu ….. Telah Menerima

& Menyeleksi CV Lamaran Anda

Kirim Via E-MAIL & Anda Pelamar Yang

DIPERIORITASKAN.

Untuk Seanjutnya Anda Diundang

Kekantor Untuk Mengikuti

INTERVIEW Kerja Pada Hari………

Harap Hadir Antara 08.00-12.00 wib

Alamat:

JL. …….. Jak-Sel.

Rute:

………………………….

………………………….

Bawa CV Lamaran & Berpakaian Yang

Rapi Pake Sepatu. Langsung Naik

Ke Lt.3 Bertemu Ibu…

Jika Anda Bersedia Hadir/ Tidak Tolong

Konfirmasi Kembali.

Trmksh.

Memang tidak mudah mengetahui informasi yang diperoleh dari internet tersebut penipuan atau bukan, biasanya hal ini akan janggal ketika pada saat panggilan seperti contoh ‘nyata’ yang ada di atas. Layaknya sebelum melamar pada informasi yang didapat dari internet pastikan terlebih dahulu apakah perusahaan tersebut valid atau tidak, ini pun tidaklah mudah akan tetapi biasanya perusahaan akan menyertakan email perusahaan.com untuk tujuan pengiriman CV, bukan menggunakan email gratis seperti yahoo.com atau gmail.com.

Bentuk penipuan pun macam – macam seperti ketika calon pelamar memenuhi panggilan dan bersedia datang ketempat tujuan, calon pelamar akan diberikan sebuah pekerjaan seperti informasi yang didapat di internet akan tetapi harus ada yang dibayar, jadi maksudnya bayar dulu baru bisa kerja. Padahal yang namanya ingin kerja tujuannya ingin mendapatkan gaji tapi kalau ini harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. Mereka akan berkilah bahwa ini hanyalah uang administrasi akan tetapi tentunnya hal ini adalah yang tidak diinginkan dari calon pelamar. Parahnya lagi ketika pada proses interview, calon pelamar didesak atau dipaksa secara halus dengan iming – iming jabatan, posisi dan hasil yang akan didapat kelak. Ada bentuk tendensi atau bahkan pembunuhan karakter bila calon pelamar mulai merasa teriming, dengan uang muka berapapun bahkan uang yang ada di dompet bisa menjadi jaminan awal akan proses selanjutnya nanti yang akan jauh lebih mudah. Tentunya hal ini hanya modus!.

Bentuk lain dari penipuan ini bisa juga terjadi dengan desakkan dari perusahaan tempat calon pelamar minitipkan CV nya untuk membeli barang – barang semacam alat elektronik dengan harga 2 kali lipat dari harga normal, jika calon pelamar bersedia maka tahapan selanjutnya adalah menjual barang tersebut dalam waktu yang telah ditentukan dan jika ini berhasil maka dengan segera calon pelamar dijanjikan akan langsung masuk pada perusahaan dengan posisi yang diharapkan.

Beragam modus dilakukan oleh orang – orang yang tidak bertanggung jawab dan hanya mencari keuntungan dengan memanfaatkan kesusahan orang lain. Bahkan tidak sedikit ada pihak yang mengatasnamakan instasi pemerintah dalam melancarkan aksinya seperti misalnya, lowongan dari pihak PT PERTAMINA (PERSERO) yang meminta calon pelamar datang ke salah satu kota besar di Indonesia untuk mengikuti tes, untuk lebih meyakinkan calon pelamar dikirimkan sms dan lampiran email yang berisi surat penawaran yang menyatakan bahwa calon pelamar tersebut memenuhi kualifikasi sebagai pekerja (baik local maupun ekspatriat) di PT PERTAMINA (PERSERO) dan untuk itu diharuskan memenuhi panggilan tes yang diselenggarakan dalam waktu hanya 2 hari, dengan permintaan agar calon pelamar membeli tiket pulang pergi pada trevel yang telah ditentukan, akan ada penggantian uang transportasi dan biaya penginapan ketika telah sampai tempat tes tujuan, baik yang telah lulus selektif tahap selanjutnya ataupun tidak. Selain itu ada juga yang meminta untuk mentransfer sejumlah uang sebagai ijin kerja, polis asuransi, dll. Akan jauh lebih baik segera cari tahu dari sumber – sumber media lainnya untuk mengetahui kebenaran tersebut dan tidak menelannya mentah – mentah karena hal ini datang sesuai harapan. PT PERTAMINA (PERSERO) (baik secara organisasi yang melakukan rekrutmen atas nama PERTAMINA) tidak pernah meminta uang atau pembayaran dari pelamar dalam setiap tahapan rekrutmen. Setiap orang yang berhasil mendapatkan penawaran dari PT PERTAMINA (PERSERO), baik secara langsung atau pun tidak langsung, akan diminta untuk mengikuti proses rekrutmen formal. Seluruh komunikasi harus berasal dari e-mail resmi PT PERTAMINA (PERSERO) dan bukandari e-mail dari internet seperti hotmail, yahoo, dll.

Dimohon Waspada! terhadap perusahaan yang menawarkan lowongan – lowongan. Yakinkan informasi yang didapat dengan mengecek kembali kebenarannya, seperti cari tahu email atau no. telepon asli dari perusahaan yang memang telah diketahui sebelumnya dan Tidak memberikan respon kepada janji-janji penawaran lowongan kerja dengan posisi tinggi atau strategis yang tidak benar. Jangan mengungkapkan data pribadi atau data keuangan kepada siapapun yang tidak dikenal dan dipercaya, orang lain bisa saja memanfaatkannya dengan mengunggah melalui website yang tidak dipercayai. Waspada terhadap informasi dari alamat yang bukan milik PT PERTAMINA (PERSERO)/ perusahaan lain (seperti contoh email dari yahoo.com) baik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Iklan

2 pemikiran pada “Dimohon Waspada! terhadap perusahaan yang menawarkan lowongan.

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s