Monyet Malang, si Abang Sayang

 

“Abang! Kita mau kemana lagi nih?, seluruh badanku remuk redam, seluruh tulang dan persendian serasa kencang?” eluhku penuh peluh, si abang menatapku datar, tanpa senyum atau manyun. Ah, wajahnya memang begitu!

“Abang! Sudah dari tadi pagi kita mengais rezeki, sampai  matahari meninggi dan kini menenggelamkan diri kita masih saja mencari rezeki. Jujur bang! Aku lelah,,” aku terus berjalan mengikuti kemana lagi si abang melangkah, tidak ada pilihan untukku, segalanya tertuju pada si abang. Setelah berjalan ber kilo – kilo meter di jalan aspal yang permukaannya kasar, akhirnya si abang mendengarkanku. Aku dan Abang berhenti di perempatan lampu merah. aku tahu dia orang yang paling memahamiku, oleh karena itu kupersembahkan kesetian/pengabdianku hanya untukmu bang! Abang duduk di jengkok, aku pun duduk  ngedplok.

Iyah, aku paham bang!”  Aku segera mengambil topeng yang kau sodorakan.

“Begini kan bang?” aku memanjangan leherku kedepan, kau menarik rantai di leherku, kau pun merapikan topeng boneka yang mengsong di mukaku. Abang! Kau sungguh perhatian.

“Ayoo..ayoo.. lihatlah aku! Lihat gayaku yang lucu!” entah mengapa semangatku mulai terbakar lagi, mungkin karena tabuhan gendangmu bang yang terdengar memabukkanku hingga membuat aksiku memukau para pejalan kaki atau pengendara motor dan mobil hingga tanpa ragu mereka melempar uang, walaupun recehan! Aku pun berjingkrak dan berakrobat seperti yang kau ajaran bang, lihatlah bang! Betapa lincahnya aku, enerjik dan gemulainya diriku,  mungkin aku adalah monyet termanis di seluruh dunia. Paling tidak duniamu bang,!

(Kisah manis si monyet malang) heheh

***

Tinggalkan Komentar

