Kajian Tip Top Rawamangun “Penyakit Hati”

ImageSabtu pagi. Minggu ke-2 disetiap bulannya, seperti biasa Kajian Tip Top Rawamangun digelar, bertepat di lobi kantor lantai 2. Pengajian kali ini akan dimulai tepat pukul 7 pagi atas permintaan sang ustad kepada panita, lain dari biasanya yang lebih awal jam 06.30 WIB. Para karyawan sebagian sudah stand by dari jam 06.20, bersiap membuka pintu ilmu, sambil menunggu Ustad yang belum datang, ada yang memilih untuk membaca al – qur’an, ada yang sarapan ataupun mencicipi sebungkus snack yang telah disediakan panitia, atau bahkan ada yang asik ngobrol di pinggiran.   Jadi teringat akan perkataan Hasan bin Ali radhiyallohu ‘anhuma menasihati anaknya, “Wahai anakku jika engkau menghadiri majelis para ulama maka hendaknya engkau lebih semangat mendengar ketimbang berbicara, belajarlah dengan baik sikap diam dan jangan engkau memotong pembicaraan seseorang hingga dia berhenti berbicara” benar saja, ketika Ustad Umay datang semua mata tertuju padanya. Oya, beliau tidak mau dipanggil ustad, entah apa alasannya “Panggil saja bapak!” perintahnya. Pembawaannya yang bersahaja, penuh wibawa, tegas dan lugas serta ramah penuh senyum membuat pak Umay menjadi salah satu pengisi kajian di Tip Top Rawamangun terfavorite, sudah belasan kali beliau diundang,  jikalau ada kesempatan dikemudian, insya’allah beliau siap selalu siap untuk membagi ilmunya kepada karyawan Tip Top Rawamangun khususnya.

Tema kali ini membahas mengenai ‘Penyakit Hati’, Pak Umay memulai dengan basmallah setelah sebelumnya salam.

“Penyakit hati merupakan penyaki jiwa dan raga,”

“Ada beberapa penyakit hati, seperti Syirik, Khufarat dan Takhayul”

Dr. Umay M. Dja’far Shiddieq, MA.  menujuk slide. Penjelasan dari pak Umay pun sangat jelas dengan adanya media power point. Dilanjutkan kemudian dengan penjabaran secara rinci berdasarkan Al  – Qur’an.

Mengenai Syirik, Syirik adalah menyamakan antara selain Allah dengan Allah ta’ala dalam perkara yang termasuk kategori kekhususan yang hanya dimiliki oleh Allah ta’ala. Syirik adalah dosa yang paling besar,  “Sesungguhnya syirik adalah kezaliman ( dosa ) yang besar.” ( QS. Luqman 31:13 ).  Begitupun Rasulullah saw. bersabda: “Tahukah kalian dosa yang paling besar? Yaitu mempersekutukan Allah” ( HR. Muslim dari Abu Hurairah ). Amat penting untuk kita ketahui bersama, bahwasanya manusia yang melakukan perbuatan syirik atau seorang yang musrik (pelaku kesyirikan) miliki kebaikan seperti abu yang ditiup angin yang keras pada suatu hari yang berangin kencang. (Al –Qur’an surat 14: 18). Bagi orang yang syirik, amal buruk disiksa, amal baik dihapus. Sedangakan bagi seorang muslim, amal baiknya dilipagandakan, amal buruknya ‘mungkin’ diampuni. Manusia yang menyekutukan Allah, selamanya dia adalah sesat, kesesatan yang nyata.

Penyakit hati yang kedua, Khufarat. Khufarat secara bahasa berarti takhayul, dongeng atau legenda. Cerita yang dibuat adalah rekaan atau khayalan, ajaran-ajaran, adat istiadat, ramalan-ramalan, pemujaan atau kepercayaan yang menyimpang dari ajaran Islam. Hal ini sama saja mengada- ngadakan sesuatu dalam islam dan hal itu jelas tertolak. Firman Allah yang bermaksud: “Sesungguhnya Allah tidak akan mengampunkan dosa syirik mempersekutukan-Nya (dengan sesuatu apa juga), dan akan mengampunkan dosa yang lain dari itu bagi siapa yang dikehendaki-Nya (menurut aturan syariat-Nya). Dan siapa yang mempersekutukan Allah (dengan sesuatu yang lain), maka sesungguhnya dia telah melakukan dosa besar.”  Surah al-Nisa’, ayat 48)

Di Indonesia yang mayoritas muslim pun masih banyak yang manaruh kepercayaan kepada tepat, benda atau kepercayaan keramat seperti kubur, batu cincin bertuah, keris, dan lain sebagainya yang kononnya bisa menyembuhkan sebarang penyakit. “ Dan orang – orang yang kafir, perbuatan mereka seperti fatamorgana di tanah yang datar, yang disangka air oleh orang – orang yang dahaga, tetapi apabila didatangi tidak ada apa pun. Dan didapatinya (ketetapan)  Allah baginya. Lalu Allah memberikan kepadanya perhitungan (amal – amal ) dengan sempurna, dan Allah sangat cepat perhitungan-Nya” Surah An-Nur ayat 39. 

Begitu menyesakkan bagi orang – orang kafir, mereka mengira telah berkarya dan memperoleh suatu hasil dan merasa telah menumpulkasn seluruh kebaikan di muka bumi, akan tatapi apabila mereka bertemu Allah di hari kiamat, lalu Dia menghisabnya dan mencatat segala perbuatannya, maka dia tidak menumukan apa pun.  Allah telah membuat pegangan untuk kita agar tak jatuh dalam perangkap setan, lalu untuk apa berguru pada selain padaNya, apalagi menyekutukanNya

” Aku telah tinggalkan kamu 2 perkara selama mana kamu berpegang teguh dengannya, tidak akan sesat selama-lamanya iaitu al-Quran dan sunnahku”.

Islam adalah agama rahmatanlilallamin, agama komprehensif, keseluruhan agama islam adalah benar, tak ada keraguan.

 

Waktu menujukkan pukul 8 lebih sedikit, setelah beberapa orang bertanya dan berhasil dijawab dengan lugas dan jelas dari bapak Umay, pengajian diakhiri, memang ada 1 sessi yang ditinggalkan karena keterbatasan waktu yaitu; sessi ustad. bertanya, anda menjawab! Hadiah ada! Vocher belanja sepuasannya. 25 ribu di Tip Top supermarket & dept. store.  Tapi secara keseluruhan kajian pada bulan ini berjalan lancar. Nantikan dan hadiri kajian Tip Top rawamangun selanjutnya.

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s