Baca “SIX SUSPECTS”

ImageBaca “SIX SUSPECTS” serasa nonton film Bollywood.  Intrik yang menggelitik otak, mengocok perut, dan menegangkan syaraf. Penuh polemik, membuktikan kebenaran tujuh dosa sosial menurut Mahatma Gandhi sebagaimana terujar oleh salah satu tokoh dalam cerita ini yaitu; politik tanpa prinsip, kekayaan tanpa kerja, pengetahuan tanpa karakter, bisnis tanpa moralitas, ilmu tanpa kemanusiaa, Ibdah tanpa pengorbanan, kenikmatan tanpa kesadaran. Novel kedua Vikas Swarup ini, menarikku kedalam sebuah konfilik pelik, antara politik yang mengabdikan kepentingan pribadi, birokrat berkarat,  ambisi berjeruji yang dapat menghancurkan siapapun hanya dengan menjentikkan jari, keberuntungan bunting yang melahirkan masalah di atas masalah, cinta berbeda kasta yang bermula dari kebohongan, kesetian bermata dua yang akan menatap dengan rasa kasih dan kebencian pada saat yang bersamaan, pengorbanan yang tragis dengan tangisan darah dan nanah, kekuasaan yang merubah malaikat menjadi iblis, agama yang ditafsirkan se-enak jidad, popularitas yang mengelindingkan harga diri, sampai pada kenikmatan yang sesat dan sesaat.

Penulis Q&A yang telah dilayar lebarkan dengan judul Slumdog millionaire ini,  melambungkan imajinasi ke cakrawala India, dari sarang kumuh pengemis Bombai city yang juga berhutan gangster pembunuh, persemayaman teroris di perbatasan Pakistan, menembus bumi Texas tempat seorang pemuda US merangkai mimpi pelaminan. Seorang aktris Bollywood yang terbuai oleh pujian, namun mati – matian membela adik tercinta yang hampir ternoda. Play boy kaya anak seorang politisi bejat, yang sesuka hatinya mengobrak – abrik hukum, sesuka hatinya melampiaskan nafsu, dan sesuka hatinya  membunuh siapapun tanpa ampun. Dan si laki – laki malang suku pendalaman yang berjuang menemukan istri yang pada akhirnya memberikan pukulan telak pada dirinya bahwa mimpi pada kenyataanya lebih menyakitkan dari sebuah kematian.

Kasus ini pun terbongkar, bersamanya 6 orang tersangka; seorang birokrat korup, sorang turis asal Amerika, seorang pemuda dari suku pedalaman, seorang artis Bollywood, seorang pencuri ponsel, dan seorang politis ambisius. Para tersangka merangkai hari-harinya dalam bab kehidupan dengan segala dera dan derita, menjelaskan visi dan misi nya dalam menjalani kehidupan dengan cara masing –masing yang pada akhirnya berpaut pada sebuah kejadian pembunuhan seorang Vicky Rai.

Memerlukan tabung oksigen dengan simpanan nafas banyak dalam mendalami novel ini, seumpama menyelam dilaut terdalam. Dan kau akan mendapati binatang – binatang dengan wujud aneh yang baru kau lihat seumur hidupmu, dan mencoba mendelik setiap bagian darinya dengan rasa penasaran yang membuatmu tak bisa memimpikannya dalam keadaan tertidur sekalipun. Bahkan keadaanmu akan mulai memburuk kala tak mampu menuntaskan setiap bab dengan keseriusan yang membiuskan.

Di bagian penyelaman karakter pertama, kau akan menemui seorang Birokrat berotak licik, penggila wanita dan minuman. Seorang Mohan Kumar yang mendapati dirinya dengan dua jiwa satu raga, yang karena suatu kejadian aneh membuatnya kerasukan tokoh India paling fenomenal dalam sejarah yaitu; Mohandas Karamachand Gandhi.

            “Sialan, apa kau mencoba membodohiku? Kalau kau Mahatma Gandhi, maka aku ayahnya Hitler.” (salah satu dialog dalam novel)

Mungkin suatu saat nanti, secara kebetulan mungkin, kau akan menemukan seseorang yang sama diwaktu berbeda dengan jiwa yang berbeda. Itu pun yang dirasakan oleh semua orang yang mengenal Mohan Baba Ghandi, suatu waktu Mohan akan menjadi dirinya yang mengilai setiap wanita dan seorang penjilat ulung akan tetapi diwaktu kemudian kau akan mendapatinya seorang yang bijak selalu menentang kekerasan dan aku pun awalnya tak mengerti apa hubungannya dia dengan Ruby Gill. (Baca saja!) pada akhirnya memiliki motif yang kuat untuk membunuh Vicky rai

Bab ke pengenalan tersangka kedua, ada aktris beken sekelas Aishwarya Rai, bahkan keseksian selebriti ini mampu menggelapkan mata seorang anak laki – laki berusia 12 tahun yang penasaran setengah mati akan si cantik Shabnam Saxena.

            “Apa anda masih perawan?” tanyanya (diaolog dalam novel), membuat aktris film dewasa ini men-cap anak ini sebagai Psikopat Junior.

Kehidupan terkadang begitu menjemukan bagi wanita terpopuler se-India pada saat itu, Shabnam Saxena, menemukan kehidupan barunya dengan lari dari masa lalu yang hanya seorang anak miskin ditengah perkampungan terkumuh tempat para penjahat tak punya hati, meninggalkan kedua orang tua, serta adik dan kakaknya demi mengejar kehidupan impian dipanggung Bollywood.  Dia berhasil, menjadi bintang paling terang di langit India sampai pada suatu waktu dia menjadikan gadis kampung bak Cinderella yang menggantikan kedudukanya dan meraih semua popularitas, kekayaan dan sesetiaan dari tangan Shabnam Saxena. Namun dalam setia musibah selalu ada hikmah begitupun yang dirasakan Shabnam, waktu pada akhirnya menyeretnya pada masa lalu dan memperjuangkan kehormatan sang adik yang ternyata amat dikasihinya dibanding dirinya sendiri. Dan membuatnya berurusan dengan Vicky Rai.

Kemudian tersangka selanjutnya adalah seorang pemuda hitam legam yang bahkan lebih hitam daripada langit malam, mimpinya terselimut rapih dalam misi memperjuangkan sukunya di pedalaman Andalas dengan menemukan batu bertuah. Dia adalah Eketi, tubuhnya yang kerdil tidak sebanding dengan kekuatannya yang kuat dalam menemukan seorang istri yang akhirnya meluntang – lantungkan dirinya dalam hutan beton di tengah kota dan wanita setengah laki – laki di gang – gang kumuh  yang mememberikanya tempat tinggal sementara tentunya tidak geratis!

“jenis kelamin ke 3 antara pria dan wanita.” (Hal. 444)

Membuat Eketi menerima makhluk baru yang ia kenal sebagai waria. Namun, malang pun tak sampai disitu menghantui Eketi, kepolosannya dimanfaatkan oleh salah satu penipu paling dicari di India dan di  beberapa negara, meleparkanya dalam kenyataan getir bahwa hidup penuh dengan kekejaman terutama bagi dirinya yang seorang perantau di negeri yang dimana dapat kau jumpai penjahat terkejam dan seorang yang paling berperasaan di seluruh dunia pada sekali kehidupan. Seorang pegawai DEPSOS memanfaatkannya dan sangat licik, secerdik pencuri. Membuatnya terjebak dalam ketepian jurang kematian sedangkan disaat bersamaan dia hampir menemukan mimpinya sekalipun seorang istri berwajah mengerikan. Eketi, hidupnya lebih pilu dari seorang anak yatim yang mempunyai ibu tiri terkejam di seluruh dunia. Dirinya telah terbawa arus gelombang dendam seseorang, mengantarkannya pada tuduhan pembunuhan Vicky Rai.

 

Selanjutnya, mari perkenalkan pemuda tampan ini hanyalah seorang maling handphone, munkin itu sebabnya ia dijuluki Munna Mobile, dan ia salah satu dari sejuta rakyat India yang beruntung menemukan uang bermilyah – milyar dalam hitungan rupiah. Dan mewujudkan semua mimpi – mimpinya dalam waktu teramat singkat. Hingga Singkat kata, mempertemukannya dengan Ritu,

“cinta bisa membuat orang buta, tapi tidak bodoh” (hal247)

Cinta nya yang menggebu – gebu seolah menerobos paksa sebuah penghalang bernama kasta, Munna hanyalah seorang anak yatim yang memiliki seorang ibu tukang sapu kuil dan memiliki adik angkat berwajah Ghopal (wajahnya menyeramkan akibat sebuah kasus yang paling menggeparkan India pada saat itu) . Cinta Munna ibarat api yang tak pernah padam, akan tetapi api itu malah membakar dirinya sendiri dalam dendam ayahnya yang dilindas sebuah mobil mewah oleh seorang industrialis muda yang ter-shohor namun juga terboborok. Munna Mobile siap mengorbankan cinta demi dendam yang mendorongnya untuk membalas kematian sang ayah yang tragis dan siap membunuh kaka Ritu yaitu Vicky Rai.

Lalu, seorang birokrat tua tengik yang membuat panggung politik ibarat pasar yang bebas ia jadikan tempat membeli kehormatan, menjual kejahatan, mempertontonkan kesengsaraan dan mempermainkan nasib seseorang ibarat dirnya adalah Tuhan. Politisi tak berhati ini bernama Jagannath Rai, tak puas dengan kedudukannya sebagai Menteri Dalam Negeri di Uttar Pradesh, sebuah daerah bagian di bumi India, menjadikannya pria ambisius yang tak punya malu pada kematian ini rela mengorbankan apapun.

“Setiap Muslim pernah mendengarnya. Dia adalah pria hebat yang siap mengorbankan putranya demi menyenangkan Allah.” (dialog. Hal. 313)

Jagannath Rai seorang ayah yang memberi kesenangan apapun kepada putranya hingga menjadikan sang putra seorang iblis bernama Vicky Rai.

 

Dibagian ini, ada seorang laki – laki asal Amerika yang namanya begitu mendunia, yaitu Larry Page. Yap! Salah satu orang terkaya di dunia, pememu Google. Nama terkadang memang menipu, Larry Page yang ini bukanlah 25 orang terkaya di dunia itu, dia hanyalah seorang laki – laki yang amat mencintai Mom-nya yang telah menikah lebih dari 3 kali. Seorang laki – laki yang memberanikan dirinya masuk negeri India dengan modal cinta yang telah dijanjikan oleh Sabna, seorang gadis Hindustan paling cantik yang pernah ia lihat dalam hidupnya dan telah membuatnya menjadi orang ter-idiot  sepanjang kisah ini. Tapi keberuntungan yang merangkulnya telah menjadikan Larry Page produser Hollywood untuk film – film berkelas dewasa. Kisah panjang yang amat sulit dijelaskan oleh sebuah tulisan beberapa lembar ini bahkan tak cukup menjelaskan pertualangannya dengan teroris – teroris yang teramat fanatic terhadap sebuah agama di belahan dunia perbatasan Pakistan. Larry Page semakin tebal muka, setalah tahu bahwa gadis yang ia cari adalah aktris terkenal Hollywood Shabnam Saxena. W.O.W…!!! bagian ini yang selalu menggelitik. Untuk bisa bertemu pujaan hatinya, Larry Page disengajakan Tuhan bertemu dengan produser Bollywood yang juga industrialis bernama Vicky Rai.

 

Kelanjutannya silakan dibaca sendiri…!!!.

Novel ini telah diterjemahkan ke 24 bahasa dan akan segera difilmkan. Satu lagi penulis dunia yang masuk dalam daftar penulis hebat dalam catatanku, Vikas Swarup. Aku bahkan terkesan dengan film Slumdog millionaire, mungkin itu salah satu alasanku membeli buku ini selain aku melihatnya sebagai sebuah novel pembunuhan. Novel setebal 559 halaman ini, mampu menyita waktuku selama 3 hari, ditengah kesibukanku bekerja, kesibukanku belajar dan kesibukanku menulis, ditengah perjalananku di atas motor tentunya diboncengin, ditengah makan siang, di dalam toilet, dan waktu santai yang tidak mengganguku sebagai seorang muslimah yang mendamba kehidupan yang menyenangkan lebih dari roman – roman picisan. Oke, bertambah lagi 1 hobiku yaitu membuat sidikit ringkasan dari setiap buku yang berhasil kulahap. Semoga anda tertarik untuk mencicip novel yang juga akan segera difilmkan ini. Dan selajutnya buku “Stones into Schools” semoga membuatku kenyang!

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s