MENGUKUR DIRI MERAIH RIDHO ILLAHI

Dalam kehidupan ini, sering sekali kita dihadapkan pada sesuatu yang tidak kita inginkan. Dan apa yang kita miliki sekarang ini termat sering kita luput dari rasa syukur, hingga kita merasa selalu kurang. Atau merasa orang lain lebih beruntung dari pada kita? Hingga kita mencari – cari dalil untuk menghujat Tuhan atas setiap hal yang kita anggap sebuah ketidakadilan? . Itulah manusia. Ya, manusia. Tetapi manusia bagaimana yang dapat menjadikan semua hal yang kita anggap sebuah ketidakberuntungan menjadi sebuah keuntungan dan kita syukuri?

Manusia yang paling bersyukur, yang teramat indah rasa kasihnya baginda Nabi besar Muhammmad saw bersabda, ;

Pandanganlah orang lain yang lebih rendah daripadamu, jangan memandang kepada orang yang lebih tingggi daripadamu, karena yang demikian itu lebih baik, agar kamu jangan memperkecil nikmat karunia Allah yang telah dianugrahkan kepadamu. ( HR. Bukhori Muslim).

Ketika berjalan di pinggir jalan, di terotoar atau di depan etalae – etalase pertokoan dari pasar sampai plaza berbintang, kita dapat menjumpai sebuah pemandangan manusia yang berwajah memelas berharap untuk dikasih selembar uang atau recehan – recehan yang terkadang kita anggap kecil namun amat bernilai bagi mereka. Pahamilah kehidupan mereka dan bandingkanlah! Pernahkah kita memandang mereka lebih dekat untuk sedikit saja membandingkan kemalangan mereka dengan sikap ujub kita karena merasa menjadi orang yang paling sengsara?

Allah SWT berfirman dalam kitabNya yang suci

“Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan”!!?

Nikmat mana lagi? Masih kurang nikmat Tuhan yang ada padamu? Oh ya, manusia memang selalu tak pernah puas. Jangankan untuk mensyukuri nikmat – nikmat yang besar, yang kecil terlebih lagi terlupakan begitu saja.  Ayolah kita bersyukur! Toh dengan begitu kita tidak rugi. Ridho Illahi akan kita raih. Itu pasti!

Iklan

Tinggalkan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s